Selasa, 27 Januari 2015

Bahaya Kanker Akibat Penggunaan Pemutih yang Salah



Banyak wanita yang tergiur dengan iklan produk pemutih kulit. Karena sebagian besar kulit wanita Asia termasuk Indonesia cenderung berwarna Sawo matang. Dengan adanya anggapan bahwa memiliki kulit yang putih akan dianggap lebih cantik maka sebagian wanita dengan kulit gelap ini melakukan banyak cara untuk memutihkan kulitnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk pemutih  kulit. Namun, perlu dilakukan kehati-hatian karena produk pemutih bisa sebabkan kanker.
Produk pemutih kebanyakan mengandung zat yang memang menyebabkan timbulnya sel kanker, sebut saja zat hidroquinon. Zat hidroquinon ini menghambat terjadinya pigmen melanin di wajah. Padahal pigmen melanin ini diperlukan kulit untuk dapat menyerap sinar ultraviolet yang terkandung di dalam sinar matahari.

Dengan terhambatnya produksi melanin ini maka kulit sejatinya akan lebih cepat untuk menyerap sinar ultraviolet yang justru berbahaya bagi kulit. Maka dari itulah, banyak produk pemutih yang menyarankan pemakainya untuk tidak langsung terpapar dengan sinar matahari langsung. Inilah yang akan memberikan dampak buruk bagi kulit, bukan dampak baik seperti kulit jadi lebih putih namun Malah timbul Hal Yang tidak diinginkan.

Dengan terserapnya sinar ultravolet ini ke kulit maka akan dapat menyebabkan terjadinya ruam-ruam berwarna kemerah-merahan di kulit wajah. Jika produk ini digunakan dalam waktu yang lebih lama maka kulit akan lebih rentan jika terkena sinar matahari dan lama-kelamaan kulit akan menjadi rusak secara permanen. Dan inilah yang akan mengantarkan pada terjadinya kanker kulit.

Selain hidroquinon, zat kimia berbahaya lainnya yang juga terkandung di dalam produk pemutih ini adalah kojic azid yang terbuat dari bahan dasar jamur. Zat ini juga telah dilarang dalam penggunaannya karena dapat menyebabkan efek buruk bagi kulit terutama wajah.

Merkuri juga merupakan zat kimia berbahaya yang banyak dikandung oleh beberapa produk pemutih. Merkuri sudah dilarang digunakan di dalam produk kosmetik. Walaupun mungkin awalnya dalam penggunaan produk pemutih ini pemakai akan merasakan wajahnya tampak lebih putih namun jika dipakai secara terus menerus maka akan menambah peluang terkena sel kanker. Atau jika dihentikan maka warna kulit akan kembali seperti semula dalam beberapa waktu atau bahkan terkadang ada efek lain yaitu wajah akan berjerawat. Inilah bahayanya produk pemutih bisa sebabkan kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar